Senin, 06 Agustus 2012

MUSEUM KARST WONOGIRI

MUSEUM KARST WONOGIRI

Kuliah Kerja Lapangan Satu Fakultas Geografi UGM kini mengadakan  Kunjungan ke beberapa tempat di Jawa tengah, tepatnya di Semarang, namun perjalan kami dimulai dari titik Yogyakarta melintasi daerah Wonogiri. Nah di daerah inilah kita menemukan beberapa daerah yang sangat unik dan menarik khususnya di  Museum karst  yang terletak di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri ,sekitar 30 km timur Kota Wonosari. Lokasi Museum karst ini berada pada kawasan yang dikonservasikan , hal ini sesuai dengan fungsi museum sebagai salah satu sarana untuk mengkonservasi keberadaan karst yang ada di Indonesia. Musium karst yang memiliki bentuk seperti piramida kerucut . Museum ini merupakan hasil kerjasama antara pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Wonogiri dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral untuk membangun museum karst. . Kawasan ini berciri khas banyak memiliki gua-gua berstalaktit dan stalakmit dengan nilai alami yang menarik. Di Desa Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro - yang menjadi pusat penelitian kawasan karst - terdapat puluhan gua yang unik dan menakjubkan. Di sana terdapat Gua Tembus, Gua Mrica, Gua Sodong, Gua Potro, Gua Sapen, dan Gua Gilap. Berdasarkan penelitian para ahli sejarah dan geologi, kawasan gua-gua di Pracimantoro Wonogiri layak dijadikan sebagai Museum Kawasan Karst Dunia. Selain itu musium karst ini menyimpan kisah perjalanan kehidupan manusia sejak zaman prasejarah hingga zaman kerajaan. Selanjutnya cerita itu berkembang di masyarakat dan menjadi sumber sejarah. Sehingga Musium karst ini selain digunakan untuk rekreasi, dapat juga digunakan untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan tentang benda- benda bersejarah dan proses terbetuknya karst.  Museum karst ini terbentuk asal proses solusional yang berarti terbentuk atas pelarutan batuan gamping yang membentuk suatu perbukitan  karst. Menurut tempat terjadinya bentukan karst dapat dibedakan menjadi bentukan endokarst dan eksokarst. Eksokarst terletak dipermukaan , kontak langsung dengan udara luar. Contoh eksokarst yaitu dolin, danau dolin, uvala, polje, kubah karst, menara karst, dataran aluvial karst. Sedangkan ondokarst terdapat didalam gua atau terowongan karst. Contohnya : gua, stalaktit, stalakmit, kolom dan korden. Kerucut karst dipengaruhi oleh pola struktur diaklas yang kecil-kecil dan bercabang serta kemampuan pelarutan batuan.  Batuan beku atau vulkanik tua bersifat impermeable layer yang membentuk sungai bawah tanah. Pola aliranya basinal yaitu pola yang hilang karena masuk ke dalam ponor. Masalah lingkungan fisik yang antara lain batuan karst keras sehingga pada musim kemarau terkesan kritis/ marginal dan tidak bisa berkembang , pencemaran air bawah tanah yang mengandung bikarbonat tinggi dapat menyebabkan batu ginjal bila di minum oleh manusia, pencemaran telaga secara biologis, kimiawi d Museum Karst Dunia – Gebangharjo Pracimantoro Wonogiri.
Kawasan karst di Pracimantoro ini dinilai terbaik oleh para ahli sejarah dan geologi karena telah memenuhi kriteria keberagaman gua-gua, struktur lapisan tanah, dan panorama alam yang khas. Kawasan karst di wilayah ini dinilai lebih baik daripada kawasan karst yang ada di Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Gunung Kidul.

                                                                                          Zaida Ulfa Angger Putri Aji 
                                                                                            (11/316561/GE/07135)
                                                                                                                                

                                                                                            Fakultas Geografi UGM 



replika musium karst pracimantoro
stalakmit dan stalaktit yang terlihat dimusium karst pracimantoro
replika musium karst pracimantoro











Tidak ada komentar:

Posting Komentar